4 PASANGAN INDEPENDEN BISA DAFTAR SEBAGAI CALON WALIKOTA-WAKIL WALIKOTA
06/07/2015

Share
rss

Bitung, kpukotabitung.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bitung 14 hingga 25 Juli 2015 akan mengumumkan pembukaan pendaftaran pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Bitung periode 2016-2021. Dalam pendaftaran calon selama 3 hari sejak 26 hingga 28 Juli itu, 4 pasangan calon perseorangan atau independen Walikota dan Wakil Walikota Bitung yang saat ini masih dalam verifikasi administrasi dan faktual berkas dukungan, bisa langsung ikut mendaftar. “Empat pasangan calon perseorangan yang ada saat ini bisa ikut mendaftar bersama pasangan calon dari partai politik”, kata ketua KPU kota Bitung, Josep Sammy Rumamby.

Proses rekapitulasi jumlah dukungan bagi calon perseorangan atau independen akan dilakukan pada 20-21 Agustus 2015.

Menurut ketua KPU kota Bitung, 4 calon independen yang ada memang sampai bulan Agustus nanti masih ada proses perbaikan dukungan, tetapi mereka sudah berhak ikut mendaftar sebagai calon Walikota dan Wakil Walikota. “Nanti mereka bersama pasangan calon dari partai politik tetap masih akan melewati berbagai tahapan seperti penelitian syarat pencalonan, baru akan ditetapkan sebagai calon”, jelasnya.

Para calon Walikota dan Wakil Walikota juga harus mengikuti pemeriksaan kesehatan termasuk tes bebas narkoba di rumahsakit yang ditunjuk oleh KPU. Penetapan pasangan calon yang berhak ikut pemilihan akan dilakukan pada tanggal 24 Agustus 2015, diikuti pengundian dan pengumuman nomor urut pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Bitung, tanggal 25-26 Agustus 2015. Pemilihan Walikota Bitung akan digelar tanggal 9 Desember 2015.

(Jeffry W)