KPU EVALUASI PROSES VERIFIKASI FAKTUAL DUKUNGAN PERSEORANGAN
07/07/2015

Share
rss

Bitung, kpukotabitung.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bitung menggelar rapat dengan para ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk mengevaluasi kemajuan proses verifikasi administrasi dan faktual, yang dilakukan Panitia Pemungutan Suara (PPS) terhadap dukungan calon perseorangan atau independen Walikota dan Wakil Walikota Bitung yang sudah berjalan.

Menurut ketua KPU kota Bitung, Josep Sammy Rumamby, pertemuan dengan para ketua PPK ini cukup penting mengingat masa verifikasi faktual yang dilakukan para petugas PPS sejak 23 Juni 2015 lalu, akan berakhir 6 Juli.

“Kita mengumpulkan para ketua PPK untuk menanyakan progress dari setiap PPS di wilayah kerja mereka. Kami juga memberi masukan jika PPS mereka menemukan kendala di lapangan. Saat pleno nanti apabila ada masalah, PPK juga sudah bisa mengantisipasi dengan memberikan jawaban sesuai dengan aturan perundangan yang berlaku”, jelas Rumamby kepada wartawan.

Anggota KPU yang juga Ketua Divisi Hukum, Pengawasan dan Teknis Penyelenggara, Selvie Rumampuk dalam rapat dengan ketua PPK terlihat menjelaskan satu persatu sejumlah tabel dan formulir yang harus diperhatikan PPK, agar tidak salah mengisi laporan hasil verifikasi administrasi maupun faktual.

“Kami menjelaskan kepada PPK mengenai pengisian berita acara oleh PPS harus sesuai dengan Peraturan KPU (PKPU) nomor 9 tahun 2015. Sebagai contoh jika menemukan ada PNS, TNI atau anggota Polri yang mendukung salahsatu calon, meski sudah jelas melanggar aturan, tetapi petugas PPS harus tetap menemui pendukung tersebut, kemudian buat pernyataan dalam formulir B3 KWK. Tidak boleh langsung menulis TMS (Tidak Memenuhi Syarat)”, kata Rumampuk.

Selain itu, Rumampuk juga mengatakan, dukungan ganda yang sudah ditandai KPU dalam daftar hasil verifikasi aplikasi Silon, tetap harus diverifikasi oleh PPS. “Yang paling pokok kami mengingatkan cara pengisian formulir BA 3.1 atau berita acara rekapitulasi verifikasi administrasi dan formulir BA 3.2 tentang berita acara verifikasi faktual terhadap setiap pasangan calon perseorangan”, paparnya. Pada kesempatan itu, Sekretaris KPU kota Bitung, Ryllo Panay, berjanji akan membantu fasilitas pendukung bagi sekretariat PPK, agar pekerjaan terkait tahapan Pilkada tahun 2015 ini bisa berjalan lancar.

(Jeffry W)