KPU TETAPKAN LOMBAN & MANTIRI SEBAGAI WALIKOTA DAN WAKIL WALIKOTA
22/12/2015

Share
rss

Bitung, kpukotabitung.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bitung, dalam rapat pleno terbuka, Selasa sore , 22 Desember 2015, menetapkan pasangan calon, Maximilian Jonas Lomban, SE, MSi dan Ir. Maurits Mantiri sebagai Walikota dan Wakil Walikota Bitung terpilih untuk masa jabatan 2016-2021.

Pasangan ini dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) kota Bitung 9 Desember 2015 lalu berhasil meraih suara terbanyak 38.831. Jumlah perolehan suara pasangan calon nomor urut 1 ini melebihi 5 calon lainnya. Pasangan nomor urut 2, Stefanus Pasuma-Mario Karundeng hanya meraih 4.675 suara, pasangan nomor urut 3 Michael Jacobus-Paulus Kumentas 7.648 suara, pasangan nomor urut 4 Hengky Honandar-Fabian Kaloh 29.228 suara, pasangan nomor urut 5 Linna Utiarachman-Petrus Singale 2.350 suara, dan pasanga nomor urut 6 Arianthi Baramuli Putri-Santy Luntungan dengan 25.232 suara.

Ketua KPU kota Bitung, Josep Sammy Rumamby yang memimpin rapat pleno terbuka ini menyatakan penetapan pasangan Maximilian Lomban dan Maurits Mantiri dilakukan setelah KPU menunggu tidak adanya gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK) sampai pada batas waktu Senin, 21 Desember 2015 pukul 24.00 WIB.

“Kami menunggu sampai batas waktu pemasukan gugatan sengketa Pilkada di MK dan dari kota Bitung tidak ada. Akhirnya kami memutuskan untuk menetapkan pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota yang meraih suara terbanyak”, jelasnya. Hadir dalam rapat pleno terbuka ini, pasangan Maximilian Lomban dan Maurits Mantiri, pasangan nomor urut 3, Michael Jacobus – Paulus Kumentas, anggota Panitia Pengawas (Panwas) Pemilihan Kota Bitung, Drs. Robby Kambey dan Zulkifly Densi, SPd, serta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, seperti Kapolresta Bitung, Rendolf Unmehopa, perwakilan Kajari dan TNI-AL.

Berita Acara penetapan Walikota dan Wakil Walikota Bitung terpilih setelah ditandatangani Ketua KPU Bitung, Josep Sammy Rumamby dan anggota Selvie Rumampuk, Jodie Mamesah, Idhly Fithriah Ramadhiani serta Viktory Rotty, langsung diserahkan kepada pasangan Maximilian Lomban dan Maurits Mantiri.

KPU Bitung sehari setelah penetapan atau Rabu, 23 Desember 2015 menyerahkan Berita Acara penetapan pasangan terpilih ini ke DPRD kota Bitung, untuk diproses pelantikannya pada 2016 nanti.

(Jeffry W)